Dimensi Sosial, Politik, Ekonomi, dan Budaya dari Mesin Pencari ( Search Engines )

Dalam era digital dan globalisasi saat ini penggunaan internet sudah tidak asing lagi bagi manusia. Perkembangan teknologi komunikasi yang melesat maju membuat internet sangat penting dan berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Internet adalah kumpulan jaringan dari jaringan-jaringan komputer dunia yang terdiri dari jutaan unit-unit kecil seperti jaringan pendidikan, bisnis, pemerintahan, dan lain-lain yang secara bersama menyediakan berbagai layanan informasi. (Buku 10 Jam Menguasai Internet : Teknologi dan Aplikasinya oleh Yuhefizar).
Banyak sekali contoh penggunaan internet yaitu, untuk menjalin pertemanan melalui jejaring sosial (facebook, email, friendster, twitter, dst), untuk perdagangan (e-commerce), untuk pengiriman pesan instan (melalui Yahoo Messenger dan Windows Live Messenger), dan untuk mencari informasi melalui mesin pencari/ search engines.

Melalui artikel ini saya fokus pada penggunaan internet untuk mencari informasi melalui mesin pencari (search engines). Mesin pencari merupakan website online yang paling sering diakses, contohnya adalah google.com, msn.com, dan yahoo.com yang memiliki posisi teratas. Search engines adalah mesin pencari yang menyediakan dan menampilkan informasi atau data yang diminta oleh pengguna. Kita menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi apapun, informasi global tentang seluruh dunia baik informasi kesehatan, perekonomian, kebudayaan, pemerintahan, hiburan, sampai bisnis produk dan jasa.. Jutaan orang pengguna internet semakin berkembang menggunakan mesin pencari untuk memenuhi kebutuhan akan informasi yang diperlukan. Menurut buku Kisah Sukses Google oleh David A. Vise (2006), jutaan orang menggunakan google setiap hari melalui lebih dari 100 bahasa, dan tuntutan untuk mendapatkan informasi apapun secara langsung saat ini bisa terpuaskan melalui google. Ditambah lagi David mengatakan bahwa baik pria maupun wanita, orang dewasa maupun anak kecil, pengguna komputer pakar maupun pemula, semuanya terpikat oleh daya tarik google.
Perkembangan teknologi yang disebut internet (search engines) telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu; interaksi bisnis, ekonomi, sosial, dan budaya. Hal ini juga karena mesin pencari tidak lepas dari manusia, maka dari itu mesin pencari berpengaruh dan fokus terhadap dimensi sosial, politik, ekonomi, dan budaya masyarakat. Menurut saya, para peneliti yang ingin meneliti bagaimana orang menggunakan internet (search engines dalam hal ini) harus memiliki sampel yang representatif atau mewakili masyarakat secara keseluruhan. Maka dari itu penting bagi para peneliti untuk memfokuskan penelitiannya pada dimensi-dimensi keseluruhan dalam masyarakat yang dipengaruhi oleh mesin pencari. Dimensi-dimensi tersebut akan saya bahas dibawah ini.

Dalam dimensi sosial, mesin pencari seharusnya fokus mempertimbangkan faktor-faktor sosial penggunanya seperti kepercayaan dan demografi. Demografi berkaitan dengan usia, jenis kelamin, pertumbuhan penduduk, dst. Usia pengguna mempengaruhi dalam ia mencari. Orang-orang dewasa mungkin melakukan pencarian terhadap hal-hal berbau bisnis dan pekerjaan, sementara anak remaja mencari hal-hal berbau hiburan anak muda dan entertainment. Mesin pencari harus menyediakan berbagai informasi yang bisa diakses dan sesuai dengan segala usia. Dalam faktor jenis kelamin, pria dan wanita harus dapat kesempatan yang sama dalam mengakses informasi. Saya kurang setuju dengan penelitian dari artikel tersebut yang mengatakan bahwa pria dan orang dewasa muda dituntut harus lebih informatif dibanding wanita dan orang tua, menurut saya hal ini tidak adil karena semua orang seharusnya memiliki rasa informatif yang tinggi, semua memiliki hak yang sama dalam informasi. Wanita pada jaman sekarang memiliki hak dan kesetaraan dengan pria. Wanita dan pria sama-sama membutuhkan informasi. Begitu juga dengan anak muda dan orang tua, menurut saya keduanya harus sama-sama informatif. Dimana anak muda yang masih memiliki jiwa aktif dan rasa ingin tahu tinggi sementara orang tua yang ingin terus memperluas wawasan informasinya untuk semakin menambah pengalaman. Selain itu mesin pencari berpengaruh juga terhadap sosial masyarakat, dimana mesin pencari menyediakan layanan berupa jaringan sosial yang menghubungkan antar sesama masyarakat dalam relasi sosial. Contohnya adalah yahoo, msn, dan gmail dimana melalui situs ini masyarakat dapat menjalin hubungan sosial dengan sesamanya. Mesin pencari juga berdampak pada perubahan sosial, masyarakat di pedesaan yang sekarang mulai mengenal internet dan google untuk mencari informasi untuk perkembangan wilayahnya. Hal ini akan mengubah struktur sosial di masyarakat itu sendiri.

Dalam dimensi politik, mesin pencari berkaitan dengan pemerintahan dan politik. Mesin pencari sangat berpengaruh terhadap kegiatan pemerintahan dan politik. Hal ini dibuktikan dalam pelaksanaan pemerintahan dan pelaksanaan kebijakan pemerintah banyak dilakukan melalui internet. Informasi-informasi dan berita-berita tentang pemerintahan dan organisasi-organisasi politik banyak dipos di yahoo dan dapat dicari di google.
Hadirnya Internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional perusahaan atau pemerintah, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh sebuah badan usaha dan lembaga lainya termasuk pemerintah. Internet (mesin pencari) bagi sebuah organisasi partai politik dan pemerintah, sangat memiliki peranan yang penting, terutama fungsinya dalam menyampaikan program-program organisasi partai politik maupun pemerintah (fungsi publikasi/kampanye). (http://www.goechi.com/webpartai.html).

Dalam dimensi ekonomi, perkembangan teknologi internet juga mempengaruhi perkembangan ekonomi. Melalui google dan mesin pencari lainnya banyak pengusaha dan penjual yang memposkan atau mengiklankan produk dan jasa mereka di google atau mesin pencari lainnya. Sehingga ketika pengguna mencari suatu produk atau jasa mereka dapat mencarinya di google dan dapat menemukan dengan mudah dan cepat para penjual yang menjual produk tersebut. Dalam sebuah buku karya Shari Thurow yang berjudul Search Engine Visibility (2003), dibahas tentang sebuah organisasi penelitian yang mengkhususkan diri dalam meneliti pembelian dan perilaku konsumen, menguji dampak dari mesin pencari dan iklan banner di berbagai situs web untuk menentukan media pemasaran yang lebih efektif. Dalam setiap situasi, mesin pencari berada di peringkat atas. Mereka menemukan konsumen lima kali lebih mungkin untuk membeli produk atau jasa setelah menemukan sebuah iklan website melalui mesin pencari daripada melalui iklan banner. Hal ini membuktikan penggunaan mesin pencari bisa sangat efektif dalam dimensi ekonomi.

Dalam dimensi budaya, melonjaknya jumlah pengguna internet menghasilkan budaya baru dalam masyarakat globalisasi kini. Budaya internet yang bergantung dengan pemakaian internet dalam segala aspek kehidupan. Melalui mesin pencari seperti google, masyarakat mencari berbagai informasi dimana mesin pencari berpengaruh terhadap ilmu pengetahuan dan pandangan dunia. Masyarakat memiliki akses mudah dalam mencari berbagai informasi. Budaya masyarakat pengguna internet ini terbentuk mengalahkan pencarian melalui buku, perpustakaan, dokumen-dokumen tertulis, dst. Maka dari itu timbullah budaya informasi dan menyelesaikan masalah melalui internet. Selain itu mesin pencari juga berperan dalam pengenalan, sosialisasi dan penyebaran budaya, aturan, norma serta nilai baru dan kegiatan budaya dalam masyarakat. Dalam artikel tersebut dilakukan penelitian tentang masyarakat dalam mencari informasi kegiatan budaya, hasilnya adalah masyarakat cenderung beralih ke media tradisional seperti koran dan media siaran baru setelah itu melanjutkan dengan kegiatan online. Menurut saya hal tersebut dipengaruhi oleh budaya asli masing-masing masyarakat, ada kelompok masyarakat yang tidak begitu percaya sepenuhnya terhadap internet. Mereka lebih percaya dan biasa mengetahui informasi melalui koran dan siaran. Dipengaruhi juga oleh daya akses internet masyarakat yang berbeda-beda, di masyarakat perkotaan mungkin memiliki daya akses yang tinggi, namun di masyarakat daerah mungkin masih sedikit daya akses terhadap internet.

Search engines memang sudah sangat mem-booming di dunia, milyaran pengguna internet menggunakan mesin pencarian ini untuk membantu memecahkan berbagai masalah. Namun mesin pencari juga memiliki kelemahan dan kelebihan atau dampak negatif dan dampak positif. Kelemahan/dampak negatifnya adalah terlalu luasnya dunia maya sampai semua orang bisa mengepos informasi-informasi tanpa filter/ penyaring informasi. Informasi yang diposkan juga belum bisa dipastikan kebenaran dan keakuratannya, akibatnya banyak masyarakat yang menjadi kurang cerdas dan terjebak karena informasi yang tidak akurat. Masyarakat juga menjadi memiliki kebiasaan bergantung pada mesin pencari. Contohnya seperti budaya meng-copy artikel informasi dari mesin pencari, yang padahal informasi tersebut belum tentu valid. Banyak mahasiswa jaman sekarang yang melakukan copy paste dalam mengerjakan tugas dan untuk belajar tanpa ikut serta berpikir berdasarkan pengetahuan pribadi, bahkan tanpa melakukan edit sama sekali. Hal ini jelas harus dihindari karena akan mengakibatkan masyarakat yang tidak mau berpikir keras dan tidak berpikir kritis, hanya mengandalkan informasi yang sudah ada yang lebih cepat didapatkan. Masyarakat yang tidak mau berpikir adalah masyarakat yang tidak mencintai proses dan menginginkan segala sesuatu instan, hasilnya adalah menjadi masyarakat yang bodoh dan mudah ditipu. Internet memang diciptakan untuk menghubungkan secara global dan agar lebih cepat dan instan, namun bukan berarti kita terima begitu saja setiap informasi yang ada tanpa dianalisa terlebih dahulu. Kelemahan lainnya yaitu, informasi yang ada di mesin pencarian terlalu banyak dan terlalu banyak sumber sehingga kadang tidak sesuai dan tidak berhubungan dengan kata kunci dari informasi dan maksud yang ingin dicari oleh pengguna. Selain itu dalam artikel ditulis bahwa perusahaan mesin pencari memiliki banyak data informasi yang jarang dirilis kepada para peneliti. Saya kurang setuju karena menurut saya para peneliti ini justru meneliti kebenaran dan kefektifan data informasi yang disediakan mesin pencari, hal ini jelas sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menerima informasi yang benar adanya. Para peneliti bisa dikatakan sebagai filter dari setiap informasi dalam mesin pencari sebelum jatuh kepada masyarakat pengguna luas. Menurut LaQuey (1997), mengemukakan bahwa misi awal internet adalah menyediakan sarana bagi para peneliti untuk mengakses data dari sejumlah sumber daya perangkat-keras komputer yang mahal. Ditambah lagi menurut Hossein Bidgoli dalam bukunya The Internet Encyclopedia (2004), perbedaan pada semua kinerja mesin pencari benar-benar mengesankan. Untuk alasan ini, seorang peneliti yang efektif perlu terus menerus menggunakan berbagai mesin pencari, mengeksploitasi perbedaan-perbedaan mereka. Hal ini penting untuk mengeksplorasi halaman bantuan, menggunakan opsi pencarian canggih dan praktek beberapa kali. Tetap up to date pada perkembangan di mesin pencari juga penting, karena teknologi mengalami perubahan setiap hari. Jadi jelas sekali dalam hal ini peneliti sangat berperan penting.๐Ÿ™‚

Walaupun memiliki kelemahan, namun sudah jelas bahwa mesin pencari juga memiliki kelebihan/dampak positif yang sangat membantu kehidupan manusia. Mesin pencari memungkinkan pengguna untuk dapat mencari informasi secara mudah, cepat dan murah. Hanya dengan memasukan kata kunci, lalu semua informasi yang kita inginkan akan muncul. Fitur-fitur yang disediakan mesin pencari sangat menarik, menawarkan kemudahan akses internet, dan tata letak situs yang mudah dilihat. Beberapa ahli mengatakan bahwa mesin pencari merupakan salah satu fitur yang dimiliki sebuah situs untuk mencari sebuah artikel dengan memasukan kata kunci dan secara otomatis menampilkan artikel-artikel dalam database nya yang cocok dengan kata kunci yang dimasukan. (Buku Pintar Menguasai Internet oleh Darma, Jarot S, dan Shenia A). Selain itu, masyarakat menjadi tidak ketinggalan jaman dan ikut terus dalam perkembangan dunia globalisasi. Masyarakat jelas lebih memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih meluas, tidak hanya informasi dalam negeri saja tapi juga bisa tahu berbagai informasi di seluruh dunia.

Dalam artikel tersebut ditulis memang google.com merupakan mesin pencari yang paling popular dan digemari oleh penggunanya. Google memang menyajikan informasi yang tidak terbatas dan menyajikan fitur serta letak situs yang menarik dan mudah digunakan. Namun, menurut saya google agak kurang efektif untuk digunakan secara intensif sebagai acuan, karena informasi-informasi di google kurang spesifik yang disebabkan oleh jumlah orang yang mempos dan informasi yang tak terbatas. Contohnya, jika kita mengetik kata kunci, maka yang muncul adalah jutaan informasi artikel yang memiliki kata kunci tersebut dalam artikelnya sekalipun tidak sesuai dengan maksud sebenarnya dari kata kunci yang dicari. Disinilah diperlukan pikiran kritis dari penggunanya.๐Ÿ™‚

Dalam artikel ditulis memang kadang para pengguna tidak mengerti benar tentang konsep sebenarnya dari mesin pencari. Hal ini dikarenakan adanya kebingungan dalam membedakan antara search engine dengan web browser. Bahkan kadang para pengguna juga tidak menyadari jika mereka sedang menggunakan suatu situs dan ternyata situs tersebut adalah mesin pencari. Contohnya, yahoo.com, saya sendiri pun awalnya tidak menyadari bahwa yahoo adalah salah satu mesin pencari yang memang menyediakan berbagai informasi terkini yang terhangat diseluruh dunia. Dulu yang saya tahu hanya google dan Wikipedia saja sebagai mesin pencari. Jadi menurut saya hal ini harus diselesaikan agar setiap orang tidak hanya memakai tanpa mengetahui apa yang dipakai sebenarnya. Solusinya menurut saya bisa dilakukan dengan adanya penyuluhan dan penjelasan pemahaman dasar-dasar tentang mesin pencari.

Pengguna dari mesin pencari yang berbeda memiliki aktivitas yang berbeda juga dalam pencariannya. Misalnya para pengguna google akan cenderung mencari gambar-gambar dan kata-kata sulit, sementara para pengguna yahoo akan cenderung mencari informasi tentang kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa terkini didunia. Hal ini dipengaruhi oleh bentuk pelayanan masing-masing mesin pencari. Pendapat saya ini diperkuat oleh referensi dari Buku Pintar Menguasai Internet oleh Darma, Jarot S, dan Shenia A (2009) yang mengatakan, cara kerja mesin pencari pada masing-masing situs sebenarnya hampir sama. Perbedaanya terletak pada jumlah data yang dimiliki dan metode pencariannya. Untuk mesin pencari yahoo, metode pencariannya mirip dengan google. Namun karena fitur email dan messenger yang paling sering digunakan, sehingga kita jarang memanfaatkan fitur pencarian.

Kesimpulannya, kemajuan teknologi didunia terus berkembang dan tidak dapat dihindari. Dalam hal ini mesin pencari berpengaruh dalam berbagai dimensi sosial, ekonomi, politik, dan budaya dalam mayarakat. Maka dari itu internet (search engines) tidak dapat dipisahkan dari perkembangan masyarakat itu sendiri. Penting bagi kita untuk mengikuti perkembangan tersebut dan terus belajar agar menjadi masyarakat yang kompeten dan memiliki kemampuan tinggi akan teknologi dan pengetahuan. Mesin pencari hanyalah salah satu alat untuk membantu kita menjadi manusia yang kompeten. Kita harus menjadi manusia yang informatif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, maka dari itu dalam menggunakan mesin pencari kita harus paham bahwa alat tersebut adalah mesin pencarian informasi yang hanya membantu, sebagai pedoman dan acuan untuk kita tetap berpikir kritis terhadap semua informasi yang diberikan. Jangan sampai kita menjadi orang yang mudah bergantung dan tidak boleh tinggal diam menerima begitu saja, karena kita tidak tahu latar belakang orang-orang yang memposkan informasi di mesin pencari, kita bahkan tidak tahu seberapa kompeten orang-orang tersebut. Maka dari itu jangan terlalu cepat percaya. Kita juga harus memahami dengan benar apa itu mesin pencari, sehingga tidak hanya use tapi juga know..๐Ÿ™‚

Link Artikel yang direspon : http://jcmc.indiana.edu/vol12/issue3/hargittai.html

Referensi :

Bidgoli, Hossein. (2004). The Internet Encyclopedia. Canada: John Wiley & Sons.

Darma., Jarot, S., & Shenia, A. (2009). Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta: mediakita.

PT Goechi Citra Persada. (2004). Party Website Development. Membangun Website Partai, Membangun Komunitas dan Simpatisan Online Partai (internet). Jakarta: PT Goechi Citra Persada. Tersedia dalam: http://www.goechi.com/webpartai.html (diakses 9 Maret 2011).

Thurow, Shari. (2003). Search Engine Visibility (internet). USA: New Riders Publishing. Tersedia dalam: http://books.google.co.id/books?id=XCi7RIA7ZnsC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false (diakses 9 Maret 2011).

Vise, David A. (2006). Kisah Sukses Google (internet). Tersedia dalam: http://books.google.co.id/books?id=ky1KVyjEEQIC&printsec=frontcover#v+onepage&q&f=false (diakses 9 Maret 2011).

Yuhefizar. (2008). 10 Jam Menguasai Internet : Teknologi dan Aplikasinya (internet). Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Tersedia dalam: http://books.google.co.id/books?id=9fqjk7jC940C&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false (diakses 9 Maret 2011).

24 Comments (+add yours?)

  1. kenned hier
    Mar 10, 2011 @ 17:01:28

    apa beda nya search engine dengan web browser?

    Reply

  2. alditaruslim
    Mar 10, 2011 @ 19:48:58

    Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen yang saling tersambung dengan yang lain (www). Web browser merupakan penjelajah web/ pusat pengguna dalam bentuk perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Contoh penjelajah web/web browser yang paling terkenal adalah mocrosoft internet explorer dan mozilla firefox. Web browser berperan sebagai pelaku penjelajahan internet atau alat yang digunakan untuk menjelajahi internet bagi penggunanya. Melalui mozzilla dan internet explorer, pengguna bisa menjelajahi berbagai situs termasuk salah satunya situs-situs search engine.

    Search Engine berperan sebagai fasilitas yang ada di web browser sebagai Mesin Pencari Informasi di dunia maya, yang dibutuhkan para pengguna untuk mendapatkan berbagai informasi. Contoh search engines yang terkenal adalah Google, Yahoo, msn.

    Silakan jika ada pendapat tambahan..๐Ÿ™‚

    Reply

  3. irna
    Mar 11, 2011 @ 11:10:14

    saya setuju bahwa di dalam search engine kurang ada filter. Tetapi saya kurang setuju bahwa search engine merupakan mesin pencari yang murah.
    Thank.. :-p

    Reply

  4. alditaruslim
    Mar 11, 2011 @ 13:00:46

    terima kasih irna atas komentarnya.. Maksud saya murah adalah dimana para pengguna bisa mendapatkan informasi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya mahal untuk memperolehnya.. Melalui search engine yang ada di internet bahkan semua kalangan bisa menggunakannya untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.. Pengguna yang menggunakan google, msn, atau yahoo tidak dipungut biaya untuk menggunakannya.. Beda hal nya dengan informasi dari buku-buku yang mungkin kita harus membelinya dengan harga yang cukup mahal..
    bagaimana?๐Ÿ™‚

    Reply

  5. bobby hartono
    Mar 11, 2011 @ 13:13:11

    Hmm… Posting yg bermanfaat =p

    Reply

  6. bobby hartono
    Mar 11, 2011 @ 13:21:19

    Apa menurut kamu perlu di buat sebuah search engine untuk anak-anak di bawah umur?
    Karena kita tahu dampak search engine yang sekarang bagi anak-anak di bawah umur lebih banyak dampak negatifnya dibanding dampak positifnya. =)

    Reply

  7. alditaruslim
    Mar 11, 2011 @ 13:36:03

    Menurut saya itu ide yang bagus..Jadi anak-anak memiliki mesin pencari dengan filter /penyaring..mungkin seperti google dengan penyaring informasi yang bagus..namun, sekalipun sudah dibuat mesin pencari untuk anak-anak dibawah umur tetap saja mereka bisa mengakses berbagai mesin pencari lainnya, seperti kita tahu bahwa dunia maya, dunia internet adalah dunia tanpa batas dimana semua orang dan semua umur bisa mengaksesnya.. Jadi dalam hal ini menurut saya, orang tua lah yang lebih menjadi kunci penting dalam perkembangan teknologi informasi anak-anak.. Orang tua harus bisa membimbing anak-anaknya dalam menggunakan internet dengan pengawasan..
    Kecuali jika dari pihak berbagai mesin pencari yang ada sekarang ini membuat filter yang terbaik untuk menyaring setiap artikel,gambar,atau informasi-informasi yang ada..mungkinkah itu?๐Ÿ™‚

    Reply

  8. unank
    Mar 11, 2011 @ 13:54:38

    Gambarnya ilang tuh. upload lagi.

    Reply

  9. alditaruslim
    Mar 11, 2011 @ 13:58:04

    Gambar apa yang ilang nank?

    Reply

  10. Flora
    Mar 11, 2011 @ 14:25:24

    Nice&complete article!!
    internet telah membuat dunia jadi sempit dan informasi apapun yg negatif/positif bisa tersebar dalam hitungan detik, oleh karena itu penggunaanya harus disertai tanggung jawab dari masing2 pengguna, anak2 harus dibimbing dengan tepat karena di dunia maya, umur bisa dipalsukan, jadi memang benar2 harus dari individu masing2 deh..komputer mana tahu kan kalau ada anak sd umur 10 mengaku berumur 21..hehe, tapi nothing is impossible sih..

    Reply

  11. alditaruslim
    Mar 11, 2011 @ 14:51:38

    Agree!!karena dunia maya itu ga suruh kita nunjukin KTP.. Banyak yang bergantung pada internet.. Makanya saya tulis diatas bahwa muncul budaya internet, dimana orang-orang langsung menggunakan mesin pencari untuk tujuan apapun, bahkan ada yang mencari solusi masalah lewat google..contohnya mencari solusi untuk kulit tubuh putih dan halus, yang belum tentu benar adanya.. bahaya sekali bukan?maka dari itu butuh sikap yang sangat kritis dari penggunanya..

    Reply

  12. kenned hier
    Mar 11, 2011 @ 15:36:46

    terima kasih aldita atas jawaban nya.
    bagaimana tanggapan anda mengenai masalah wikileaks?
    apakah anda setuju dengan apa yang wikileaks?

    Reply

  13. CalvinChiok
    Mar 11, 2011 @ 16:09:49

    I LOVE GOOGLE..โค๐Ÿ˜€

    Reply

  14. alditaruslim
    Mar 11, 2011 @ 16:18:49

    wah,ka santo…makasi banget buat info nya…jd penasaran dengan google chrome…emang apa aja keunggulan dari google chrome?

    Reply

    • Jonathan Susanto
      Mar 11, 2011 @ 16:22:54

      sampai saat ini Google Chrome browser yang paling aman, secara tampilan pun menurut kakak simple dan menarik ( tentu butuh kebiasaan jika pertama kali pakai). Dan yang paling penting sedikit memakan source cpu, sangat penting pas kita lagi butuh banyak buka tab2 ( mozilla apalagi IE kalau buka banyak tab , sangat memakan resource cpu yang mengakibatkan PC/laptop jadi lambat atau ngehang.

      Reply

  15. alditaruslim
    Mar 11, 2011 @ 16:37:01

    Untuk kennedy, saya tidak begitu tahu banyak tentang wikileaks. yang saya tahu wikileaks adalah suatu situs yang mempublikasikan dokumen-dokumen dan informasi-informasi yang bersifat rahasia. Informasi dan dokumen yang diterbitkan oleh wikileaks adalah informasi-informasi rahasia yang sengaja ditimbun atau disimpan oleh negara-negara tertentu dan badan intelejen tertentu. Wikileaks berperan untuk menyampaikan kebenaran dan membongkar rahasia tersebut. Contohnya : ketika wikileaks membongkar ratusan ribu dokumen milik militer AS, termasuk invasi Amerika Serikat di Afghanistan dan Irak.
    Memang ada pro dan kontra akan hadirnya situs ini, namun menurut saya dari sisi masyarakat saya sebenarnya setuju dengan website ini, dimana kita sebagai masyarakat tidak bisa sepenuhnya selalu dibohongi dan tidak tahu apa-apa tentang informasi penting..apalagi jika informasi tersebut berkaitan dengan negara.. Jujur saja, saya setuju.. Masyarakat dapat dengan jelas menerima kebenaran yang ada tanpa rahasia-rahasia..

    Dibawah ini saya mengutip kata-kata dari Assange sebagai pendiri dan juru bicara wikileaks :
    โ€œMotif utama WikiLeaks adalah mengungkap aksi rezim yang menindas negara-negara di Asia, beberapa negara pecahan Uni Soviet, Afrika, dan Timur Tengah. Kami juga berharap dapat membantu orang-orang di mana pun yang ingin mengungkapkan perilaku tidak etis di dalam pemerintahan dan perusahaan.โ€

    Sekian dari yang saya tahu..๐Ÿ™‚

    Reply

  16. alditaruslim
    Mar 11, 2011 @ 16:43:53

    Ka santo : Ooo jadi kalo pakai google chrome kita buka banyak tab tetap cepat
    ya?wah lebih efektif kalau begitu..jd ga lambat.. Makasi banyak ka buat info nya…sangat berguna.. God bless..๐Ÿ™‚

    Reply

  17. imanhermawan91
    Mar 11, 2011 @ 17:49:03

    Web Browser adalah Dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.

    Search engine disebut juga dengan mesin pencari, dimana sistem yang ada pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Data yang ada pada mesin ini dikumpulkan oleh mereka melalui suatu metoda tertentu, dan diambil dari seluruh server yang dapat mereka akses. Jika dilakukan pencarian melalui search engine ini, maka pencarian yang dilakukan sebenarnya adalah pada database yang telah terkumpul di dalam mesin tersebut.

    tapi menurut saya saat ini google banyak sekali kelemahan, atau bug(celah) untuk memasuki database orang orang penting, dalam arti kita tidak aman menyimpan suatu yang pribadi ke dalam dunia maya, jika data yg di ulpload ke suatu situs dan orang bilang situs ini bener bener aman tidak ada orang yang tahu , eits jangan salah paham, dengan google kita bisa mencari tau password orang, dengan google kita bisa mencari database yang penting , semuanya dari engine.

    dan untuk pembuatan search engine khusus buat anak-anak itu setuju banget, karena sekarang kita lihat saja . buka google.com pilih search gambar , ketik SMU , taraaaa yang keluar gambar gambar xxx . . . sangat tidak aman sekali untuk anak anak . . . dan tambahan satu lagi klo bisa ada search engine buat menelusuri bahasa daerah … jadi biar tahu bahasa bahasa lain. atau engine kamus besar bahasa indonesia, yg tampilannya seperti google tapi untuk mencari arti dari kata kata yang belum kita ketahui.

    terima kasih

    Reply

  18. unank
    Mar 11, 2011 @ 18:14:49

    Maap mbak internet saya lemot jadi gak ke load semua gambarnya.

    “Contohnya seperti budaya meng-copy artikel informasi dari mesin pencari, yang padahal informasi tersebut belum tentu valid. Banyak mahasiswa jaman sekarang yang melakukan copy paste dalam mengerjakan tugas dan untuk belajar tanpa ikut serta berpikir berdasarkan pengetahuan pribadi, bahkan tanpa melakukan edit sama sekali.”

    Haha gua banget nih. Gara2 asal tempel dari gugel nilai tugas gua D.
    Solusi:yaa cari Info sebanyak2nya. Bandingkan informasi yang satu dan yang lain. Mana yang paling valid n bisa di pertanggungjawabkan

    Reply

  19. Grace
    Mar 12, 2011 @ 01:40:16

    Itty…. Great Article!๐Ÿ™‚

    Reply

  20. MartaMaria
    Mar 12, 2011 @ 02:50:20

    setujuuuuu

    Reply

  21. brianestiza
    Mar 12, 2011 @ 06:04:57

    search engine memang sudah menjadi sahabat setia para mahasiswa apalagi untuk pengerjaan tugas dan untuk penggunaan google translate yang menjadi salah satu fitur didalam google (search engine) itu tersendiri. menurut anda apakah sudah puas sebagai penggunanya dengan manfaat search engine selama ini? kira-kira apa yang perlu direvisi dari search engine itu sendiri? thanks aldita, anyway your post gives some advantages๐Ÿ™‚

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: