WONDERFUL TECHNOLOGIES ( Telecommuting and Wireless)

TELECOMMUTING

Tiada henti-hentinya jika kita membicarakan tentang teknologi, memang benar bahwa perbincangan tentang teknologi akan terus eksis seiring perkembangan teknologi itu sendiri. Saat ini dunia sudah memasuki era globalisasi yang mana identik dengan teknologi dalam kehidupannya. .Jika ingin menjabarkan bukti kemajuan teknologi, menurut saya akan menjadi banyak sekali. Sekali lagi saya terheran-heran dengan inovasi-inovasi teknologi saat ini, sebegitu cerdasnya manusia dan sebegitu cepatnya “virus” teknologi menyebar dan merajalela di seluruh dunia. Pembahasan kali ini masih seputar bukti perkembangan teknologi yaitu tentang Telecommuting dan Wireles.

Telecommuting atau telework adalah sebuah konsep dimana pekerjaan bisa dilakukan tanpa dibatasi oleh ruangan, yang artinya bekerja dengan menggunakan teknologi telekomunikasi seperti telepon, mesin fax dan internet.  Menurut Wikipedia, telecommuting merupakan perjanjian kerja di mana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi. Dalam hal ini seorang pekerja biasanya bisa bekerja dirumah atau ditempat lainnya tanpa harus pergi ke kantor . Pekerja bisa tetap melakukan aktivitas pekerjaannya melalui teknologi dan orang yang bertelecommuting disebut Telecommuter. Menurut saya konsep telecommuting menghapuskan jarak dan waktu yang harus dilalui seseorang dalam bekerja, hal ini karena teknologi terlebih dengan adanya internet merupakan “alat” komunikasi tidak langsung bagi manusia tanpa harus bertatap muka langsung.

Telecommuting (bekerja dirumah atau jauh dari kantor) sudah ada sejak lama yaitu sejak tahun 1973 dan digagasi oleh Jack Nilles. Konsep ini memiliki popularitas tinggi sampai saat ini dimana memang banyak pekerja yang melakukan telecommuting. Ada beberapa alasan kepopularitasan Telework yaitu :

–          Adanya sensitivitas pencemaran lingkungan.

–          Bagi karyawan adanya frustasi dan biaya untuk berangkat ke kantor/tempat kerja.

–           Bagi atasan adanya biaya pemeliharaan ruang kantor .

–          Adanya berbagai pilihan dan kemampuan yang ditawarkan oleh teknologi komunikasi elektronik dan internet.

–          Mengurangi kemacetan lalu lintas.

Alasan-alasan tersebut didukung dengan manfaat telecommuting itu sendiri khususnya bagi dunia kerja.

Manfaat bagi pengusaha/ atasan :

–          Kemampuan untuk menarik dan mempertahankan pekerja: Pekerja tidak perlu repot pulang pergi, sehingga kemampuan untuk telecommute dipandang sebagai aset untuk tawaran kerja potensial.

–          Peningkatan pelayanan pelanggan : Karyawan yang telecommute cenderung menjadi lebih bahagia dan kurang terganggu, sehingga menawarkan layanan yang lebih baik bagi perusahaan dan pelanggan.

–          Mengurangi biaya untuk ruang kantor.

–          Penigkatan produktivitas Karena karyawan yang telecommute cenderung lebih produktif.

Manfaat bagi karyawan :

–          Fleksibilitas dalam penjadwalan.

–          Mengurangi tenaga dan waktu untuk pergi ke kantor.

–          Mengurangi biaya transportasi ke kantor sehingga hemat bahan bakar.

–          Mengurangi stress, banyaknya gangguan yang intens di kantor seperti banyaknya orang, latar belakang yang ramai, dan lain-lain.

Berangkat dari hal ini, muncul sebuah ide tentang penciptaan kantor virtual. Kantor virtual adalah kantor dimana pekerjaan yang dapat dikerjakan di lokasi geografis manapun selama lokasi tersebut terhubung dengan lokasi tetap perusahaan melalui teknologi komunikasi elektronik. Kantor virtual disebut juga dengan otomatisasi kantor yaitu, sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.

Telecommuting menjadi alternatif yang menarik bagi para karyawan di kantor dan juga para pemberi kerja. Ketika para karyawan menikmati tunjangan berupa fleksibilitas dan menghindari perjalanan kerja yang jauh, perusahaan mendapatkan keuntungan dari peningkatan produktivitas dan biaya-biaya yang terkait dengan kantor ( Boone dan Kurtz, 2007 : 465).

Faktor Teknis dari Telecommuting

1. WAN (World Area Network)

WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area besar. Contohnya  yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain. WAN berbeda dengan LAN, dimana LAN merupakan jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup area kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah dan lain-lain.

2. VPN (Virtual Private Networks)

VPN adalah jaringan privat / jaringan pribadi yaitu suatu jaringan komunikasi yang dimiliki secara pribadi oleh suatu perusahaan/organisasi yang masih menggunakan medium internet untuk menghubungkan antara suatu lokasi ke lokasi yang lain secara aman.

3. Fast Ethernet, Giga Ethernet, and the Future of Speed

Ethernet adalah jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer. Ethernet terkenal dengan kesederhanaan  dan keandalannya sehingga bisa bertahan sampai saat ini dan menjadi arsitektur jaringan yang paling banyak digunakan.

Fast Ethernet : jenis teknologi jaringan Ethernet yang menawarkan kecepatan lebih tinggi dari Ethernet biasa yaitu 100 megabit perdetik sementara Ethernet hanya 10 megabit perdetik.

Giga Ethernet : jenis teknologi Ethernet yang menawarkan kecepatan lebih tinggi dari Fast Ethernet yaitu 1000 megabit perdetik atau 1 giga bit perdetik.

Future of speed :  jenis teknologi jaringan Ethernet dengan kecepatan 10.000 megabit perdetik atau 10 giga bit perdetik. Namun jenis ini belum banyak diimplementasikan dan sedang dikembangkan.

4. VLAN (Virtual LAN)

VLAN adalah model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN , hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada
lokasi workstation.

5. QoS (Quality of service)

QoS adalah mekanisme jaringan yang memungkinkan layanan dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan. Jaringan computer dapat bermasalah seperti masalah jaringan bandwith yang tidak cukup sehingga akan mempengaruhi aplikasi.  QoS dapat menjadikan bandwith dan masalah lainnya dapat diprediksi dan dicocokan dengan kebutuhan aplikasi yang digunakan di dalam jaringan tersebut yang ada.

Disamping manfaatnya, ternyata telecommuting juga memiliki beberapa kekurangan seperti :

–          Telecommuting tidak mudah untuk diterapkan. Hal ini karena tidak sekedar fleksibilitas tempat dan jam kerja, melainkan juga menuntut gaya manajemen, pola hubungan kerja, dan bahkan knowledge, skills dan attitude yang sangat berbeda dari karyawan. Tidak semua pekerjaan cocok dengan telecommuting.

–          Hubungan/relasi sosial berkurang. Teknologi memang menyebabkan segalanya jadi lebih cepat dan praktis, namun hal ini justru mengakibatkan hilangnya social presence yaitu kehadiran sosial. Telecommuting enyebabkan tidak adanya hubungan yang lebih dekat antara para karyawan dan juga antar karyawan dan atasan. Menurut saya hal ini seolah seperti kita bekerja sendiri-sendiri dan tidak saling terhubung secara sosial satu sama lain. Padahal dalam pekerjaan penting sekali adanya hubungan dan komunikasi sosial yang erat agat pekerjaan dilakukan secara maksimal.

–          Antara karyawan akan merasakan alienasi /terasing karena tidak atau jarang berhubungan dengan rekan kerja maupun atasannya.

–          Adanya kendala-kendala teknologi seperti internet yang mati, gangguan pada jaringan dan lain-lain yang bisa menganggu pekerjaan.

Telecommuting memiliki dampak positif maupun negative. Dampak positifnya adalah lingkungan menjadi lebih sehat dan meperbaiki iklim. Studi pada tahun 2008 menunjukan bahwa hal yang menjadi perusak iklim adalah perjalanan sehari-hari karyawan dari rumah menuju kantor. Hal ini akibat emisi karbon dari penggunaan kendaraan. Selain itu mengurangi penggunaan fasilitas kantor lainnya yang juga mengkonsumsi energi, antara lain lampu, komputer, Air Conditioner, dan sebagainya.

Sementara dampak negatifnya ( Badri Munir Sukoco , 2007 : 74) adalah  :

– Pegawai bisa menghindar dari pengawasan pihak manajemen.

-Pegawai akan beranggapan bahwa Telecommuting menyebabkan mereka terkucil dari rekan kerjanya.

-Pegawai akan kehilangan interksi sosial.

-Pegawai kemungkinan besar beranggapan Telecommuting menambah tingkat stress pada rumah tangganya karena seluruh pekerjaan dikerjakan di rumah.

WIRELESS (Jaringan Nirkabel)

Teknologi jaringan kini berkembang dengan pesat. Pada era 80 an teknolgi jaringan computer hanya bergantung pada jaringan berbasis kabel, namun saat ini kemajuan yang terjadi sehingga hal tersebut digantikan dengan teknologi tanpa kabel. Hal ini dikarenakan adanya keterbatasanpada teknologi dengan kabel yang tidak fleksibel. Wireless adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu. Wireless atau jaringan nirkabel merupakan teknologi tanpa kabel yang melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Banyak sekali contoh-contoh dari teknologi wireless seperti wireless MP3 yang digunakan untuk mendengarkan music tanpa kabel, handphone atau telepon tanpa kabel yang menggantikan telepon dengan kabel. Intinya, teknologi tanpa kabel ini lebih efektif dan efisien sehingga tidak rumit/ribet dengan kabel dan panjangnya kabel.

Wi Fi ( Wireless Fidelity)

Wi Fi merupakan sekumpulan standar yang digunakan untuk WLAN yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Pada awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.

Wi FI berkaitan dengan Hotspot, yaitu tempat-tempat di mana kita dapat mengakses internet dengan menggunakan teknologi wi-fi. Hotspot adalah tempat di mana kita bisa mengakses internet melalui jaringan wi-fi.

Wireless Network :

WLAN ( Wireless Local Area Network) adalah teknologi LAN yang menggunakan frekuensi dan transmisi  radio sebagai media penghantarnya, pada area tertentu dan menggantikan fungsi kabel. WLAN dimaksudkan sebagai solusi  untuk menjangkau pengguna yang tidak terlayani oleh jaringan kabel, serta untuk mendukung pengguna yang sifatnya bergerak atau berpindah-pindah dan tidak ada jaringan kabel untuk penyaluran data.

Jaringan lokal nirkabel semakin hari semakin umum digunakan terutama dikalangan pengguna laptop dan notebook. Jaringan seperti ini memiliki sejumlah perangkat Transceiver (pengirim-penerima) yang berdiam di lokasi-lokasi tertentu ( Ed Tittel, 2002 : 82).

Jaringan wireless memiliki dua jenis konfigurasi yang digunakan yaitu : Infrastruktur dan Ad Hoc.

Ad Hoc : Pada jaringan ini komunikasi antara satu computer dengan computer lainnya dilakukan secara langsung dan spontan tanpa melalui konfigurasi tertentu selama sinyal dari Access Point dapat diterima dengan baik oleh perangkat-perangkat computer didalam jaringan ini. Jadi terdapat 2 komputer dengan perangkat wifi dapat langsung berkomunikasi tanpa access point dan hanya memerlukan 1 buah komputer yang memiliki nama SSID (Service Set Indentifier). SSID adalah nama sebuah computer yang memiliki card, USB, atau perangkat wireless yang masing-masing harus diberikan nama tersendiri sebagai identitas ( Wahana Komputer, 2006 : 172).

Infrastruktur : Pada jaringan ini, Access Point menghubungkan jaringan WLAN melalui jaringan berbasis kabel.  Jadi pada jenis jaringan ini, untuk melayani perangkat komputer di dalam jaringannya, maka Access Point memerlukan koneksi ke jaringan berbasis kabel terlebih dahulu.

Teknologi wireless memiliki kelebihan maupun kekurangan, kelebihannya adalah :

–          WLAN memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses informasi sepanjang waktu selama masih dalam jangkauan WLAN. Bisa mengakses dan melakukan pekerjaan dimana saja asal lokasi tersebut memiliki jaringan WLAN.

–          Tidak perlu repot dengan kabel karena lebih efektif dan efisien sehingga kecepatan instalasi sangat mudah dan cepat dilakukan.

–          Teknologi WLAN sangat memungkinkan untuk membangun jaringan pada area yang tidak mungkin atau sulit dijangkau oleh kabel, misalnya dikota-kota besar, ditempat yang tidak tersedia insfrastruktur kabel.

–          Untuk koneksi Internet akses 24 jam, aksesnya yang cepat, dan bebas pulsa telpon.

Sementara kekurangannya adalah :

–          Biaya peralatan yang cukup mahal.

–          Gangguan gelombang jaringan. Dalam jaringan nirkabel , data antara computer dikirimkan menggunakan gelombang radio karena itu gelombang radio lainnya dapat menganggu lalu lintas gelombang radio jaringan nirkabel ( Jubilee Enterprise, 2009 : 6).

–          Adanya keterbatasan spektrum dan keamanan data yang kurang terjamin. Untuk itu perlu adnya pengaturan dan pengamanan yang memadai pada jaringan nirkabel.

REFERENSI :

Enterprise, Jubilee. (2009). Membuat Jaringan Internet Wireless Tanpa Bantuan Teknisi. PT Elex media Komputindo. Jakarta.

Wahana Komputer. (2006). Menginstalasi Perangkat Jaringan Komputer. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Tittel, Ed. (2002). Computer Networking. Erlangga. Jakarta.

Sukoco, Badri Munir. (2007). Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Erlangga. Jakarta.

Boone & Kurtz. (2007). Contemporary Business. Salemba Empat. Jakarta.

3 Comments (+add yours?)

  1. brianestiza
    May 20, 2011 @ 09:47:16

    terima kasih untuk post informatifnya aldita. saya mau bertanya wimax merupakan salah satu teknologi baru didunia wireless. apa yang anda ketahui tentang wimax?

    Reply

  2. irnawati
    May 20, 2011 @ 13:41:32

    artikel yang bgus…dapat dijadikan panduan…:)

    Reply

  3. alditaruslim
    May 21, 2011 @ 05:07:46

    terima kasih..🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: